Home Gadget Waspada! Penggunaan Earphone Bisa Tingkatkan Resiko Kanker

Waspada! Penggunaan Earphone Bisa Tingkatkan Resiko Kanker

2 min read

Menurut pendapat Jerry Phillips, penggunaan earphone bluetooth/ nirkabel dapat meningkatkan resiko kanker pada manusia. 

DrivenHype – Gadget menjadi perangkat wajib bagi anak muda di era millenials ini. Tahukah Anda bahwa penggunaan gadget seperti earphone nirkabel berbasis Gelombang Elektromagnetik (EMF) dapat memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia?

Dilansir dari hypebeast.com, menurut kelompok yang terdiri dari 250 ilmuwan, produk gadget yang memancarkan sinyal radio tertentu dapat meningkatkan risiko kanker karena gelombang radio frekuensi elektromagnetik (EMF) dalam produk tersebut melebihi batas wajar.

image source: flickr.com

Profesor biokimia Jerry Phillips, PhD, di University of Colorado menyatakan bahwa headphone Bluetooth / nirkabel, seperti AirPods, dapat menyebabkan tingkat radiasi yang tinggi kepada pengguna karena mereka sangat dekat dengan saluran telinga. “Kekhawatiran saya terhadap AirPods adalah bahwa penempatannya di saluran telinga membuat jaringan di kepala terkena tingkat radiasi frekuensi radio yang relatif tinggi,” kata Philips. “Efek termasuk peningkatan risiko kanker, sel penyebab stres, peningkatan radikal bebas berbahaya, kerusakan genetik, perubahan struktural dan fungsional sistem reproduksi, penurunan daya ingat, gangguan neurologis, dan dampak negatif pada kelangsungan hidup manusia,”tambahnya.

Apple belum mengeluarkan respon terkait statement ini. Masih banyak pro dan kontra diantara para ilmuwan mengenai statement yang dikeluarkan oleh Jerry Phillips ini. Namun, Jerry telah menandatangani petisi untuk PBB dan Organisasi Kesehatan Dunia yang menyatakan “keprihatinan serius” tentang risiko dan penguatan pedoman yang sudah ada sebelumnya.

Load More Related Articles
Load More By Titis Wasilia
Load More In Gadget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *