Home Otomotif First Impression Wuling Almaz Smart Enjoy, SUV 7-Seater Termurah dengan Paket Fitur Lengkap di Kelasnya

Wuling Almaz Smart Enjoy, SUV 7-Seater Termurah dengan Paket Fitur Lengkap di Kelasnya

9 min read

Kehadiran Wuling Almaz Smart Enjoy dengan harga setara Low-MPV versi teratas, menarik banyak perhatian masyarakat. Terlebih disematkan pula berbagai fitur setara segmen SUV di atasnya. 

Drivenhype – Saat ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu, PT SGMW Wuling Indonesia (Wuling Motors) menambahkan varian baru Wuling Almaz dengan 7-Seater. Kalau sebelumnya, Wuling Almaz hanya hadir dalam 1 varian saja dengan 5-seater, kini Almaz memiliki 2 varian yakni Exclusive (tipe 5-seater dan 7-seater) dan Smart Enjoy (hanya 7-seater).

Wuling Motors pertama kali meluncurkan Almaz di Indonesia pada 27 Februari 2019. SUV pertama Wuling ini dibekali mesin 1.500cc turbo yang menghantarkan performa ke roda depan melalui dua opsi transmisi, yaitu CVT 8-speed manual simulation yang responsif serta transmisi manual 6-percepatan.

Tak hanya itu, pada Juli 2019, Wuling melengkapi Almaz dengan fitur perintah suara berbahasa
Indonesia, yakni Wuling Indonesian Command (WIND) yang memungkinkan pengguna
menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan beragam fitur kendaraan.

Sejak kehadiran perdananya tersebut di GIIAS 2019, kehadiran Wuling Almaz Smart Enjoy seperti mengguncang pasar Medium SUV Tanah Air. Pasalnya, harga Almaz Smart Enjoy tipe terbawah, menyamai segmen harga Low-MPV kelas teratas. Jadi publik diberi pilihan cerdas yang bisa dipilih; mau LMPV ataukah sekalian model  SUV yang tentunya punya pamor berbeda.

Harga Almaz Smart Enjoy bisa semurah LMPV karena memang ada penurunan spesifikasi komponen interior dan eksterior yang sifatnya lebih ke aksesori pelengkap. Misalnya, Almaz Smart Enjoy memang tidak menawarkan banyak kemewahan di kabin. Begitu pula tampilan eksterior, tidak se-glamour saudara kandungnya yang versi Exclusive.

Seperti tidak adanya panoramic roof, spion bukan model retract (lipat elektrik) hanya electric mirror biasa, velg berdiameter lebih kecil dan berkelir silver biasa, lampu depan belum LED tapi tipe halogen yang mengadopsi model proyektor. Termasuk lampu kabut juga tidak disematkan. Selain itu, aksen krom yang kuat di versi Exclusive, minim di Smart Enjoy.

Untuk kabin, Almaz Smart Enjoy mengusung jok 7-seater yang semuanya berbahan fabric. Khusus jok pengemudi, fitur pengaturan jok elektrik ditiadakan. Pengurangan lainnya yang bisa menekan harga jual Almaz Smart Enjoy di sektor kabin antara lain peniadaan fitur layar monitor 7-inci sebagai Multi Information Display (MID), sunglasses holder, Auto AC dan kamera 360.

Namun, fitur penting yang sekaligus menjadi ciri khas Almaz yakni aplikasi sistem voice command WIND yang berbahasa Indonesia tetap hadir di varian Smart Enjoy. Sistem hiburan berlayar besar juga dipertahankan, namun tanpa didukung sistem audio produk Infinity. Lainnya, fitur seperti cruise control, keyless entry berikut tombol start/stop, dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS) juga ditiadakan.

Selain fitur premium ciri khas Almaz yaitu WIND tetap ada di tipe terendahnya ini, sebagai varian entry level, Almaz Smart Enjoy tetap menawarkan fitur keselamatan aktif dan pasif sebagai penunjang kenyamanan berkendara juga cukup lengkap. Utamanya yang menyangkut handling, manuver, dan pengereman.

Untuk kestabilan berkendara, disematkan fitur Electronic Stability Control (ESC) yang menjaga kestabilan berkendara secara otomatis ketika adanya indikasi pengemudi mengalami kehilangan kendali atau ketika lintasan kendaraan tidak sesuai dengan steering input yang diinginkan pengemudi (misal: ovesteer, understeer).

Lalu ada Traction Control System (TCS) yang berguna menghindari kendaraan kehilangan traksi, misalnya ketika salah satu roda terjebak genangan air atau terpeleset di jalan yang licin. Jika terdeteksi adanya slip, maka TCS akan melakukan pengereman pada roda slip tersebut.

Ada juga fitur Automatic Vehicle Holding (AVH) yang membuat mobil dapat melakukan pengereman otomatis tanpa harus menahan kaki pada pedal rem. Fitur ini menjaga mobil tetap berhenti dalam kondisi jalan menanjak, menurun, ataupun datar. Untuk mengaktifkannya cukup tekan tombol tepat di bawah Electronic Parking Brake (EPB).

Fitur lain yang biasanya menempel pada mobil premium yakni Hill Hold Control (HHC). Dengan fitur ini, mobil bisa berhenti di tanjakan selama beberapa detik tanpa kawatir harus mundur ketika melepas kaki dari pedal rem.

Untuk sistem penahan laju, Almaz Smart Enjoy dilengkapi fitur komplit dan modern. Sebut saja keberadaan Anti-lock Braking System (ABS) guna mencegah roda terkunci dan kendaraan
kehilangan kendali ketika besarnya gaya pengereman melebihi gaya gesek maksimum antara roda dengan permukaan jalan, Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dan Emergency Stop Signal (ESS).

Untuk fitur keselamatan pasif, Almaz Smart Enjoy sudah dilengkapi Dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan, sabuk pengaman semua bangku, lampu indikator sabuk pengaman jika tidak dipakai bagi pengemudi dan penumpang depan, dan ISOFIX sebagai pengait untuk tambahan kursi khusus anak.

Mempermudah saat parkir dan pemantauan saat berkendara, Almaz Smart Enjoy juga dilengkapi Rear Parking Camera yang memudahkan pengemudi saat mundur atau parkir. Ketika tuas transmisi masuk gigi mundur, layar monitor menampilkan pantauan kamera belakang, garis pembantu, dan posisi sonar aktif. Terdapat 4 sonar di bumper belakang guna pendeteksian jarak obyek luar dengan area belakang kendaraan.

Wuling Almaz Smart Enjoy ini juga mengusung mesin 1.5 liter turbo, sama seperti tipe Almaz lainnya dan Cortez CT. Tenaganya mencapai 140 hp di 5.200 rpm dan torsi maksimum 250 Nm di putaran 1.800 sampai 3.600 rpm. Sementara pilihan transmisinya tersedia manual 6-speed dan juga CVT.

Harga Wuling Almaz Smart Enjoy (OTR Jakarta):
Almaz Smart Enjoy 6MT  IDR 266.800.000
Almaz Smart Enjoy CVT   IDR 278.800.000
Almaz Exclusive 5-seater  IDR 331.800.000
Almaz Exclusive 7-seater  IDR 341.800.000

Load More Related Articles
Load More By Octo VB
Load More In First Impression

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *