Home News Wuling Confero S, Alternatif Pilihan L-MPV di Masa Pandemi: Kabin Luas, Fitur Lengkap, dan Harga Bersaing

Wuling Confero S, Alternatif Pilihan L-MPV di Masa Pandemi: Kabin Luas, Fitur Lengkap, dan Harga Bersaing

14 min read

Saat pandemi dan memasuki era adaptasi kebiasaan baru, segmen Low-MPV termasuk yang penjualannya naik cepat. Pasalnya, dengan format 7-seaters, kabin luas, efisiensi tinggi, hingga harga tidak terlalu mahal, menjadi pilihan masyarakat saat ini. 

Drivenhype – Masa pandemi membuat banyak perubahan di segenap lini kehidupan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Segmen ekonomi, budaya, hingga politik ikut terkena imbasnya. Tak terkecuali industri otomotif. Selain produksi dan penjualan menurun, kondisi pandemi membuat orang kini lebih berhitung cermat atas pilihannya terhadap kendaraan pribadi.

Pembatasan sosial hingga ke area jaga jarak di berbagai aspek termasuk saat naik kendaraan, harus diterapkan. Hasilnya, masyarakat kini mulai mencari kendaraan yang memiliki kabin luas dan tentunya dengan harga paling kompetitif dibanding model lainnya yang sejenis. Persoalan harga kompetitif juga menjadi faktor utama pilihan saat semua harga bergerak naik di masa pandemi. 

Salah satu pakem yang berlaku dalam protokol kesehatan terkait jaga jarak, maka kendaraan yang memenuhi kaidah tersebut adalah salah satunya kendaraan berformat Low-MPV. Model tersebut bisa memenuhi pakem protokol kesehatan lantaran mengusung dimensi kabin lebih luas dengan jumlah penumpang yang bisa diangkut juga lebih banyak.

Dari sekian model L-MPV yang beredar di pasar otomotif Indonesia,  kehadiran Wuling Confero S patut diperhitungkan. Faktor harga jual yang bersaing, fitur keamanan dan kenyamanan yang optimal, hingga kabin yang luas, menjadi rata-rata faktor mengapa Wuling Confero menjadi pilihan para konsumennya.

Menurut Brian Gomgom, Media Relations Wuling Motors, saat di acara Ngovid (Ngobrol Virtual Dulu) yang digelar Forwot beberapa waktu lalu menyatakan, pilihan masyarakat terhadap model Confero, karena Wuling memberikan sebuah opsi Low-MPV dengan keunggulan pada kabin lapang dan fitur memadai.

“Jadi di segmen tersebut, di mana kompetisi sudah ketat, kami sodorkan Confero S yang dibekali kabin luas dan nyaman, serta sematan berbagai fitur modern di kelasnya. Sehingga calon konsumen bisa mudah membandingkannya dengan keberadaan Low-MPV lainnya,” tutur Gomgom, sapaan akrabnya. 

Ditambahkannya, sambutan besar terhadap Confero S, juga karena citra mobil Cina di mata publik Indonesia kini sudah membaik dibanding 10 tahunan lalu. “Kehadiran kami di sini sekaligus menegaskan bahwa performa dan kualitas kendaraan Wuling sangat terjamin dan diakui dunia. Confero yang di negeri asalnya bernama Hongguan ini cukup sukses di pasaran,” imbuh Gomgom.

Wuling Confero S merupakan model pertama kendaraan penumpang yang dipasarkan oleh Wuling, Di pasar otomotif Indonesia, produk Wuling dijual oleh pihak SAIC-GM-Wuling Automobile Company Limited (SGMW) yang mendirikan anak perusahaan berlabel PT SGMW Motor Inddonesia (Wuling Motors) yang resmi berdiri di Indonesia pada Juli 2017.

Sebagai unit pertama yang masuk line produksi pada 2017, Wuling Confero memiliki makna ‘kebersamaan’ yang dinilai punya makna khusus dengan kultur kehidupan masyarakat Indonesia. “Nama ini terinspirasi dari pemahaman kami akan nilai budaya masyarakat Indonesia yang selalu mengutamakan kekeluargaan,” ujar Cindy Cai, Vice President of Vehicle, Sales, Service and Marketing Wuling Motors, pada pengenalan perdana Confero S saat itu.

Sematan logo “S” pada Confero bermakna ‘Sport’, yang mengandung arti Wuling tak hanya menawarkan mobil fungsional dan nyaman bagi keluarga Indonesia, tapi juga diberi sentuhan gaya Sporty. Confero S diklaim cocok menemani kebutuhan keluarga Indonesia. Desain, mesin, dimensi, fitur, hingga kenyamanan telah disesuaikan bagi kebutuhan orang Indonesia.

Yang paling menarik, Confero S seperti menabrak pakem harga segmen Low-MPV yang dimasukinya. Dengan kenyamanan, keleluasaan kabin, hingga fitur yang ditawarkan, harga Confero S diakui terjangkau untuk sebagian besar kantong masyarakat Indonesia. Confero S juga dilengkapi dengan pilihan konfigurasi Captain Seat.

Ditambahkan Gomgom lagi, kendati harganya cenderung lebih murah, tapi fitur keselamatan dan keamanan yang ditawarkan lebih unggul dari Low MPV di kelasnya. Tak heran, jika Confero S memenangkan kategori Small MPV di ajang Indonesia Car of The year 2017, Best Value for Money di Indonesia Car of The year 2018 versi majalah Mobil Motor, serta Rookie of The Year versi OTOMOTIF Awards 2018.

Wuling Confero S ACT

Terakhir, pada IIMS 2019 yang berlangsung April 2019 lalu, Wuling Confero hadir dengan varian terbarunya, Confero S ACT. Confero S ACT hadir dengan transmisi e-Clutch dari Schaeffler yang memudahkan pengoperasian transmisi manual tanpa adanya pedal kopling serta efisien dan ekonomis dalam biaya perawatan.

Dengan ruang kepala dan kaki lapang, Confero S yang mengusung tagline ‘The Real Spacious Family MPV’ ini dirancang bagi konsumen Indonesia yang tidak hanya menginginkan kenyamanan berkendara, namun juga tampilan bergaya sporty. Hal tersebut tampak dari Day Running Light (DRL), Projector Lamp, two-tone velg, side-body molding, bumper depan dan belakang stylish, serta berbagai fitur pendukung untuk kebutuhan masyarakat.

Seri Confero dibekali mesin berkonfigurasi 4-silinder 1.500 cc serta didukung transmisi manual 5-percepatan. Kemampuannya mencapai tenaga maksimal 107 HP di 5.800 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada rentang 3.800 rpm sampai 4.400 rpm. Satu hal yang membuat Confero S diterima positif, salah satunya karena masih mengusung gerak roda belakang (GRB).

Mesin Wuling Confero S berkonfigurasi 4-silinder 1.500 cc, daya maksimal 107 HP di 5.800 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada rentang 3.800 rpm sampai 4.400 rpm

Untuk memperkuat posisinya di segmen L-MPV, termasuk memenuhi keinginan pasar, Wuling Motors saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 resmi menghadirkan Confero S bertransmisi Auto Clutch Transmission (ACT). Varian ini hanya memiliki 2 pedal layaknya transmisi otomatis, yakni pedal gas dan rem saja.

Pengoperasian Confero S ACT mirip manual, hanya tidak mempergunakan kopling saja. Sehingga masih menggunakan tuas transmisi manual, tapi memiliki sensasi otomatis. Confero S ACT hadir dengan transmisi e-Clutch dari Schaeffler yang memudahkan pengoperasian transmisi manual tanpa adanya pedal kopling serta efisien di biaya perawatan.

Salah satu faktor keunggulan Wuling Confero S khususnya tipe C yang berhasil memikat selera konsumen Indonesia adalah fitur keamanan dan keselamatannya yang berguna bagi segmen keluarga yang ditujunya. Confero S tipe C sudah mengusung  Emergency Stop Signal
(ESS), yakni Saat pengemudi melakukan rem mendadak, sinyal lampu hazard secara otomatis berkedip cepat memberi peringatan pengemudi di belakang untuk mengurangi risiko tabrakan. 

Selanjutnya ada fitur Electronic Brake-force Distribution (EBD) yang mengatur distribusi gaya pengereman kendaraan sesuai kondisi jalan, kecepatan, dan berat muatan. Anti-lock Braking System (ABS) guna mencegah roda terkunci dan kendaraan kehilangan kendali ketika besarnya gaya pengereman melebihi gaya gesek maksimum antara roda dengan permukaan jalan, misalnya ketika mengerem di permukaan jalan yang licin.

Wuling Confero S juga dilengkapi Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang menampilkan tekanan angin ban dalam satuan Bar yang dapat dipantau pada layar MID. Sistem akan berkedip jika tekanan ban tidak sesuai (terlalu tinggi atau terlalu rendah). 

Bagi pengemudi wanita, keberadaan fitur 4-Points Rear Parking Sensor tentunya bakal memudahkan saat parkir di ruang sempit. Fitur ini dilengkapi 4 sonar di bumper belakang untuk melakukan pendeteksian jarak antara obyek luar dengan area belakang kendaraan.

Selain sabuk pengaman, fitur keselamatan Confero S juga diperkuat aplikasi Dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Di jok baris kedua, tersedia ISOFIX yang berfungsi mengamankan kursi anak tambahan dalam kendaraan.

Sementara sabuk pengaman tersedia hingga baris ketiga dan dilengkapi tanda peringatan (Seatbelt Indicator) pada sepasang jok depan, yang akan menyala ketika seatbelt tidak dikenakan saat berkendara. Confero S juga dilengkapi Auto door lock by Speed yakni fitur penguncian pintu secara otomatis pada kecepatan tertentu.

Pengetesan konsumsi BBM Wuling Confero S ini dilakukan dengan rute kobinasi tol dan non tol sejauh 42,6 kilometer

Untuk Wuling Confero S Type L & ACT memiliki semua fitur Confero S Type C, yang ditambah lagi dengan aplikasi rem cakram di roda belakang guna meningkatkan efisiensi pengereman yang tinggi. Selain itu ada Rear Parking Camera yang memberi tampilan ruang belakang kendaraan di layar monitor head unit saat kendaraan mundur. Tampilan tersebut berkat pemasangan kamera belakang, dengan garis pembantu dan posisi sonar yang aktif.

Ada pula fitur 2-Points Front Parking Sensor Bumper depan pada Confero Type L dan ACT yakni berupa 2 sonar untuk melakukan pendeteksian jarak antara obyek luar dengan area depan kendaraan. 

Berbagai kelengkapan fitur, keleluasaan kabin dan performa yang dihasilkan ditawarkan Confero S dengan harga terjangkau. Dengan harga di bawah model L-MPV kompetitornya dari Jepang, beda harga yang ada cukup terpaut jauh dengan fitur juga lebih lengkap. Berikut harga on the road DKI Jakarta untuk Wuling Confero S 1.5 C IDR 174.500.000, Confero S 1.5 L MT IDR 188.500.000 dan 
Confero S 1.5 L ACT dilabeli harga IDR 197.500.000.

 

Load More Related Articles
Load More By Octo VB
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *