Home News Wuling Rayakan Produksi ke-22 Juta Unit, Kenalkan Logo dan Model Terbaru

Wuling Rayakan Produksi ke-22 Juta Unit, Kenalkan Logo dan Model Terbaru

5 min read

Konsistensi Wuling di dunia industri otomotif telah menghasilkan total jumlah produksi mencapai angka fantastis 22 juta unit, sejak resmi beroperasi pada 1985. Selebrasi pencapaian ini ditandai dengan tampilan baru logo dan kepastian  munculnya model terbaru.

Drive and Hype – Wuling Motors merayakan kesuksesannya memproduksi 22 juta unit kendaraan, pada 25 Mei 2020 kemarin, sejak perusahaan otomotif terbesar Cina ini muncul pada tahun 1985. Prosesi perayaan ini berlangsung di pabrik perakitan mereka yang berlokasi di Liuzhou, sebuah wilayah otonom di Guangxi Zhuang, Cina.

Wuling merupakan merek otomotif terlaris perusahaan patungan General Motors bersama SAIC yang selanjutnya disebut SAIC-GM-Wuling (SGWM). SGWM didirikan pada 2002, meski secara merek, Wuling sudah eksis sejak 1985. Pada 2010, Wuling mulai mengembangkan diri dengan mulai memproduksi merek Baojun, yang juga sukses di pasar otomotif Cina.

Kendati masih mengusung model lama yakni lima berlian seperti sebelumnya, dalam selebrasi bersejarah tersebut, Wuling sekaligus menghadirkan logo terbarunya berkelir silver sebagai pengembangan dari warna sebelumnya yang merah. Selanjutnya logo warna merah akan tetap dipakai untuk kendaraan Wuling yang dijual di pasar domestik Cina.

Menurut pihak Wuling, logo terbaru itu akan berlaku global dan menjadi identitas baru semua model produksi Wuling di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Warna silver merupakan perwujudan imej produk di pasar global dengan performa andal dan berdurabilitas terbaik. Logo silver juga sebagai strategi baru memperkuat posisi SGMW di pasar otomotif dunia.

Perayaan produksi yang mencapai total 22 juta unit ini merupakan akumulasi produksi di empat pabrik SGMW yang berada di Liuzhou, Baojun, Qingdao, dan Chongqing. Angka ini didapat selama kurun waktu 35 tahun (1985- Mei 2020), termasuk volume ekspor yang sudah dilakukan ke 40 negara. Untuk tahun lalu, seperti yang dikutip laman chinadaily.com.cn, Wuling mencatat ekspor 26.138 unit ke berbagai negara.

Wuling juga memiliki pabrik perakitan di Indonesia yang mulai berproduksi pada 2017. Pabrik Wuling yang berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC) Deltamas, Cikarang ini menelan investasi sebesar US$ 700 juta (estimasi Rp 10,3 triliun). Sekaligus menjadikannya sebagai fasilitas manufaktur patungan luar negeri pertama dan investasi otomotif terbesar dari perusahaan Cina di Indonesia.

 

Pabrik Wuling ini memiliki kapasitas produksi tahunan maksimum 120.000 kendaraan. Saat ini sudah beroperasi dan memproduksi serta memasarkan tiga model yang dikembangkan berdasarkan best-seller SGMW di Cina, yakni Wuling Confero, Wuling Cortez, dan Wuling Almaz.

Terkait optimisme jualannya di Indonesia, Direktur Pemasaran SGMW, Zhou Xing, menyatakan kalau satu dari dua SUV ukuran menengah dengan mesin turbo yang terlaris dijual di Indonesia, merupakan produksi Wuling. “Ya Wuling Almaz kami merupakan saingan terbesar Honda CR-V di Indonesia,” ujar Zhou dengan yakin.

Dalam acara perkenalan logo baru tersebut, Wuling juga menyampaikan rencananya untuk kembali menghadirkan model teranyarnya, Victory, yang diduga kuat merupakan model sebuah MPV yang bakal mengusung format tiga baris jok untuk tujuh penumpang dan akan menyasar segmen premium.

Tak hanya itu, Wuling juga akan memasarkan produk barunya ke negara-negara berkembang seperti Amerika Latin, Timur Tengah, Asia Tenggara dan negara lainnya. Sayangnya, Wuling belum memberikan informasi spesifikasi secara detail dari MPV barunya itu.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *