Home Otomotif Modifikasi Mitsubishi Xpander Modifikasi Ini Beri Atmosfer Berbeda di Seri Terakhir “Xpander – Tons of Real Happiness”

Mitsubishi Xpander Modifikasi Ini Beri Atmosfer Berbeda di Seri Terakhir “Xpander – Tons of Real Happiness”

12 min read

Sejumlah Mitsubishi Xpander hasil karya modifikasi turut meramaikan seri pamungkas Tons of Real Happiness di Serpong. Tidak hanya teman bahagia bagi keluarga, Xpander juga memberi kesenangan bagi mereka yang menyukai dunia modifikasi.

Drive and Hype – Ada yang berbeda di seri terakhir Xpander – Tons of Real Happiness (ToRH) yang berlangsung di Sumarecon Mall Serpong, Tangerang pada 25-27 Januari 2019. Tidak seperti biasanya di seri-seri sebelumnya, penyelenggaraan ToRH penutup di Serpong ini menghadirkan sisi lain dari karakter akomodatifnya Mitsubishi Xpander bagi penyuka modifikasi.

Ya, kali ini di seri pamungkas, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI), memberikan apresiasi dan ruang bagi kreatifitas konsumen menampilkan karyanya dengan menghadirkan 6 unit Mitsubishi Xpander di pergelaran ToRH Serpong ini. Keenam Mitsubishi Xpander tersebut merupakan mobil para pemilik yang juga anggota komunitas Xpander Mitsubishi Owners Club (X-MOC) yang berdomisili di wilayah seputaran Jabodetabek.

Bagi pemilik Xpander modifikasi ini, mobil bukan hanya sekadar sarana transportasi saja, tapi juga sebagai wadah ekspresi personalisasi atas kesukaan dan kepuasannya terhadap dunia modifikasi yang dituangkan pada Xpander-nya. Berbagai kreasi dan garapan modifikasi dari para pemilik terhadap Mitsubishi Xpander kesayangannya, membuktikan  Xpander punya keunggulan terutama pada desain atraktif yang mengkombinasikan eksterior tangguh dan dinamis dengan interior modern serta memiliki banyak fungsi layaknya MPV masa depan.

Baca juga: Modifikasi Mitsubishi Xpander yang Fungsional untuk Pakai Harian

“Berkat desain khas dan modern, Mitsubishi Xpander enak dimodifikasi sesuai selera masing-masing. Mau pakai velg gede, rally-look, hingga yang main elegan, semuanya bisa masuk. Saya sendiri pilih gaya simpel saja karena mobil saya pakai harian. Tapi, tetap harus tampil beda dan fungsional,” sebut Oke Ardani A Achza, biasa dipanggil Oche, salah satu pentolan komunitas X-MOC yang juga penggemar modifikasi. Karena itulah, dia mempermak tampilan luar dengan penggantian lampu, body-kit add-on, velg 20 inci, dan sistem audio sebagai teman perjalanan.

Baca juga: ‘Virus’ Modifikasi Velg 20 Inci Mewabah di Mitsubishi Xpander

Berdasarkan keunggulan tersebut, modifikasi yang dilakukan pengguna lebih bertujuan untuk mempersonalisasi dan menambahkan unsur kekhasan karakter pada mobil Xpander-nya dengan biaya terjangkau. Terlebih, marwah sebuah Xpander adalah Small-MPV yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan utama transportasi keluarga.

Seperti yang dilakukan Alvin Tjandra, anggota X-MOC lainnya yang melakukan modifikasi Xpander-nya dengan tema diecast Hotwheels. “Pada dasarnya desain Xpander sudah bagus. Namun saya ingin personalisasi khas yang menampilkan karakter sendiri. Kebetulan saya juga  penyuka diecast. Jadilah tema diecast ini saya wujudkan di Xpander,” ujar Alvin. Modifikasi minimalis dilakukan dengan aplikasi body kit dan cutting sticker. Hasilnya, Xpander diecast personal yang tidak dimiliki orang lain. “Kekhasan ini membuat saya makin bangga dan percaya diri menggunakan Xpander,” tambah Alvin.

Pada event ToRH Serpong ini, terlihat berbagai macam konsep dan tema modifikasi diplikasi si pemilik Xpander untuk menghadirkan karya personalisasinya. Dibalik beragamnya modifikasi yang tampil, hampir semua mobil memiliki benang merahnya yakni faktor futuristic, tough, sporty, dan dynamic, dengan personalisasi cutting edge yang disesuaikan minat dan hobi si pemiliknya.

Baca juga: Modifikasi Velg, Xpander Jadi Makin Tampan!

Bagi MMKSI sendiri, sebagai distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors, melihat antusiasme modifikasi para pengguna Xpander sebagai hal sangat baik dan sebagai wujud kecintaan pelanggan terhadap model Small-MPV andalan Mitsubishi Motors tersebut. Xpander dengan desain sangat atraktif, membuat proses modifikasi menjadi lebih  ‘effortless’.

“Modifikasi dan personalisasi yang dilakukan sebagai wujud antusiasme dan kecintaan konsumen yang begitu tinggi terhadap Xpander, jelas menggambarkan bagaimana hubungan emosi pengguna dengan produk, serta kecintaan yang timbul karena kepuasan dan manfaat yang dirasakan pengguna. Kegiatan modifikasi bisa menjadi referensi dan masukan pabrikan dalam memetakan kebutuhan dan keinginan konsumen pada suatu pasar tertentu,” ungkap Intan Vidiasari, Deputy Group Head Planning & Communication Group PT MMKSI.

Baca juga: Wajah Xpander Lebih Optimal Berkat Modifikasi Body Kit

Hal senada juga diungkapkan oleh Boediarto, Head of Technical Service Department PT MMKSI, ketika melihat makin maraknya tren modifikasi yang dilakukan pada Xpander. Menurutnya, modifikasi merupakan hak konsumen yang bisa dilakukan sebagai bentuk ekspresi kesukaannya terhadap Xpander.

“Konsumen punya hak menggunakan dan melakukan modifikasi di kendaraan yang dimilikinya. Namun modifikasi yang dilakukan harus sesuai peraturan dan perundangan berlaku. Jaminan garansi kendaraan tetap berlaku sepanjang hasil investigasi tidak ditemukan kaitan antara kerusakan dengan modifikasi, sesuai syarat dan ketentuan merujuk pada service booklet kendaraan,” terang Boediarto.

Baca juga: Xpander Xploration, Serial Optimalisasi Mitsubishi Xpander Dalam Berbagai Versi

Berikut penampilan dan detail modifikasi dari enam unit Mitsubishi Xpander yang tampil di ajang Tons of Real Happiness (ToRH) yang redaksi tampilkan masing-masing satu unit dengan satu halaman. Silakan geser atau klik halaman berikutnya di bawah ini:

Mitsubishi Xpander Ultimate AT – “Si Ganteng” / XMOC-0070
“Si Ganteng” milik Rio Panduwinata merupakan Xpander varian Ultimate AT yang dilakukan modifikasi dengan kategori estetika dan fungsional. Diklaim sebagai Xpander dengan ubahan modifikasi suspensi udara pertama di dunia dengan konsep “Down to Earth” dan fungsi
penggunaan harian.

Baca juga : Xpander Xploration : Modifikasi Xpander Pertama Pakai Airsus!

Ketinggian suspensi udara pada Xpander ini dapat disesuaikan melalui aplikasi tombol manual atau melalui aplikasi di smartphone android. Detail langkah dan item modifikasinya bisa dilihat di spesifikasi berikut:

Mitsubishi Xpander Exceed MT – “Grasak Grusuk” / XMOC-0119”
“Grasak-Grusuk” milik Rachmat Soleh merupakan Xpander varian Exceed MT yang
dilakukan modifikasi dengan kategori estetika dan fungsional dengan konsep tampilan rally
untuk medan berat yang menitikberatkan pada penggunaan ban MT dan modifikasi –
dengan roofrail.

Detail modifikasinya bisa dilihat pada spesifikasi berikut ini:

Pages 1 2
Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *