Home Otomotif Modifikasi Xpander Xploration: Modifikasi Mitsubishi Xpander Yang Fungsional Untuk Pakai Harian

Xpander Xploration: Modifikasi Mitsubishi Xpander Yang Fungsional Untuk Pakai Harian

6 min read

Oche selaku pemilik kendaraan, membuat sebuah keseimbangan pada modifikasi Mitsubishi Xpander miliknya. Yakni, bagaimana tampil beda dan maksimal, tapi tetap fungsional. Berikut ulasan khas drivenhype.com

Drive and Hype – Keseimbangan disini adalah berupa modifikasi pada bagian interior dan eksterior. Pemilik kendaraan adalah pria bernama lengkap Oke Ardani A Achza, biasa dipanggil Oche. Pria jangkung ini menjelaskan modifikasi Xpander miliknya kepada drivenhype.com.

Dimulai dengan bagian interior dahulu, merasa kurang puas dengan kualitas audio standar Xpander, Oche meminta bantuan instalatur audio kawakan Moelyadi dari Dynamic Autosound Kelapa Gading untuk melakukan upgrade dan modifikasi audio di Xpander.

Sistem audio dengan speaker menganut model 3-Way

Oche rupanya menyukai kualitas suara yang detil dan jernih, itulah mengapa dipilih speaker DynAudio Esotec 3-Way. Model ini meliputi tweeter, midrange, dan midbass yang menjadi alasan speaker tersebut disebut model 3-Way.

Speaker tersebut sanggup mereproduksi suara yang cukup jernih, karena mampu mengisi semua frekuensi suara. Untuk membunyikan speaker tersebut secara maksimal, dibutuhkan 2 unit amplifier Genesis 4 channel. Moelyadi selaku instalatur menggunakan 1 amplifier Genesis 4 channel untuk membunyikan dua buah midbass.

Tweeter dan midrange diposisikan berdampingan

”Dengan cara di-bridge (menggabungkan) dua channel untuk membunyikan satu speaker, hasilnya akan memberikan tenaga lebih baik pada midbass. Tentu berdampak pada kinerja dan kualitas suara bass yang lebih solid,” ungkap Moelyadi.

Sementara untuk membunyikan tweeter dan midrange kembali menggunakan amplifier Genesis 4 channel, channel 1 dan 2 digunakan untuk membunyikan tweeter, sedangkan channel 3 dan 4 untuk membunyikan midrange.

Sebagai otak dari sumber suara, yaitu head unit. Moelyadi mengganti head unit standar Xpander, menggunakan Alpine ICS-X8 dengan perangkat processor yaitu Alpine PCA H800 plus control Alpine RUX C800. Dengan bantuan processor tersebut mampu memaksimalkan kualitas suara, karena pada processor tersebut terdapat setting equalizer 32 band, dan time aligment.

Head unit Alpine ICS-X8 menjadi andalan
Penempatan unit control Alpine pada tengah consol

Selanjutnya untuk memberikan gebukan bass rendah yang lebih kuat dan solid, ditambahkan subwoofer ScanSpeak 23W berukuran 9”. Subwoofer tersebut dibunyikan dengan bantuan amplifier Ground Zero 4200.

Untuk tontonan pada kabin baris kedua, dipasangkan dua buah TV merek M-Tech berukuran 10”. Yang berfungsi sebagai hiburan tontonan anak-anak Oche saat bepergian.

TV sebagai fungsi hiburan kabin belakang

Menjaga arus listrik sistem audionya tetap stabil, digunakan kapasitor bank merek Xstatic 300 berkapasitas 3 farad. Sementara kabel speaker dipilih merek Flux, dan kabel RCA menggunakan Harmonic Harmony Type Octave.

Penempatan sistem audionya pada kabin belakang kendaraan, dengan tetap mengedepankan fungsi bagasinya sebagai lokasi . Apalagi Oche juga berjualan kentang goreng yang khas dan lezat, tentu membutuhkan ruang untuk membawa barang dagangannya.

Berpose dengan rekan satu komunitas, Oche sebelah kanan

Kini bagian eksterior, namanya juga anak gaul, Oche tak ingin melihat mobilnya terlihat jangkung. Karena suspensi sport kit Xpander belum banyak yang menjual, akhirnya Oche menggunakan per ulir custom untuk mengurangi ketinggiannya. Selanjutnya dipadu velg HSR Khan 20” berikut ban Zeetex 245/45-20.

Berkat sentuhan yang seimbang luar dalam dan fungsional, Mitsubishi Xpander milik Oche kini tampil lebih menonjol. Terlebih, di antara teman-teman komunitasnya, baru Oche yang sudah memodifikasi bagian luar dan dalam Xpander-nya.

Spesifikasi Modifikasi :

Eksterior : Lampu depan rubah DRL + Turn sein LED Lexus Style, Mud Gard, Antena Hiu, Cutting Sticker Grill Black dan Logo Mitsubishi Merah

Interior :
– Head Unit : Alpine ICS-X8
– Prosesor : Alpine PXA H800 + RUX C800
– Subwoofer : ScanSpeak 23W 9″
– Power : Ground Zero 4200 MKII (subwoofer)
– Genesis 4 Channel (Mid Bass)
– Genesis 4 Channel (Mid Range & Tweater)
– Speaker 3way : DynAudio Esotec 360
– Kapasitor Bank : Xstatic 300
– Cable RCA : Harmonic Harmony Type Octave
– Cable Speaker : Flux
– TV Tunner Hdmi Asuka
– TV Headrest M-Tec 10″

Kaki-Kaki
– Velg : HSR Kahn 20″/45/8,5
– Ban : Zeetex 245/35/20
– Per : Custom

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *