Home Otomotif Modifikasi Xpander Xploration: Modifikasi Velg, Makin Tampan!

Xpander Xploration: Modifikasi Velg, Makin Tampan!

5 min read

Luasnya ruang fender, ukuran PCD yang umum, plus desain bodi sporty, membuat Mitsubishi Xpander makin ganteng mengusung velg aftermarket berdiameter lebih besar.

Drive and Hype – Buat sebagian besar orang, langkah pertama modifikasi biasanya dimulai dari penggantian velg standar. Velg standar LMPV yang biasanya berada di kisaran diameter 13 hingga 16 inci, sering mengalami penggantian oleh banyak pemiliknya, Banyak di antara mereka mengakui, “Ingin tampilan lebih gagah dan keren”. Dan pastinya, menjadi pembeda di tengah ribuan bahkan jutaan LMPV sejenis yang berseliweran di jalan tiap harinya.

Mitsubishi Xpander dengan velg OZ Racing Omnia 17″ warna matt-black, ban Toyo Proxes C1 Sport 225/50-17

Bicara soal penggantian velg standar Mitsubishi Xpander, ada baiknya menyimak spesifikasi standarnya dulu. Mitsubishi Xpander punya dua model velg standar yaitu 15 inci untuk tipe GLS dan GLX, dan diameter 16 inci untuk tipe Exceed, Sport, dan Ultimate. Untuk versi velg 15 inci dibalut ban ukuran 185/65-R15, sedangkan velg 16 inci dilapis ban 205/55-R16. Kedua jenis velg ini sama-sama berukuran PCD 5×114,3mm. Sedangkan offset velg sendiri berada di angka +45.

Mitsubishi Xpander dengan OZ Racing Italia 150 17″ Matt Dark Graphite dipadu Michelin Primacy 3ST 215/55-17

Besaran ukuran PCD inilah yang kadang menentukan banyaknya pilihan model velg racing berdiameter lebih besar. PCD merupakan singkatan dari Pitch Circle Diameter, dengan pemahaman sederhananya yakni jarak antar lubang baut roda pada velg.

Mitsubishi Xpander dengan OZ Rally Racing 18″ Dark Graphite, plus Landsail LS388 22/50-18

Mitsubishi Xpander dengan Sparco Assetto Gara 18″ dipadu Toyo Proxes C1 Sport 225/50-18

“Idealnya, kalau mau mengganti velg lebih gede, bisa naik 2 ukuran, semisal dari ukuran 16 inci menjadi 18 inci. Kalau mau pakai ring 17 inci bahkan lebih nyaman lagi, karena dinding ban masih tebal, seperti 225/50-17. Bahkan kalau bisa memainkan ukuran ban yang pas, ring 19 inci pun masih aman masuk ke Xpander,” jelas Wibowo Santosa dari Permaisuri Ban.

Mitsubishi Xpander dengan OZ Racing Superturismo LM 19″ plus ban Toyo proxes T1 Sport 225/40-19

Untuk aplikasi velg 19 inci dan masih dalam batas wajar, bisa mengadopsi ban ukuran 225/40-19. Diakui Bowo, sapaan akrabnya, ada kastemernya yang memasukkan ring 20 inci dan ternyata aman saja tanpa kendala mentok. “Meski ini tidak disarankan karena sudah melewati batas perbandingan dengan standarnya.”

Selain ukuran, hal penting yang patut diperhatikan adalah model penampang velg yang biasanya terbagi pada model palang, piringan penuh, dan jari-jari. “Untuk Xpander, hindari model velg berpenampang penuh atau model nge-blocked, karena tidak sesuai dengan desain fender bodi  yang memiliki garis fender melingkar agak jauh dari bibir fender. Kalau dipaksakan pakai velg model nge-blocked, dari samping Xpander Anda akan terlihat seperti papan, rata saja tidak ada kontur,” senyum Wibowo yang gemar humor ini.

Mitsubishi Xpander dengan Facewheels FF72 19″ dibalut ban Toyo Proxes 225/40-19 T1 Sport

“Paling tidak kalau mau main nyaman, silakan pakai ring 18 saja, bisa pakai profil 45-50. Kalau misalnya pakai Michelin Primacy bisa ambil ukuran 225/45-18, sedangkan kalau pakai Toyo T1-Sport masih bisa bermain di 225/50-18,” imbuh Bowo.

Beberapa foto di atas menunjukkan aplikasi velg diameter besar antara ring 17″ hingga 19 inci yang diaplikasikan ke Mitsubishi Xpander milik para kastemer dan pelanggan Permaisuri Ban dari ketiga outlet-nya di bilangan Mahakam – Kebayoran Baru, Radio Dalam, dan BSD. Berbagai pilihan velg Xpander lainnya, bisa disimak langsung di website www.permaisuri.com atau di akun Instagram @permaisuriban dan @wibowosantosa.

Octo VB, Foto: Permaisuri.com

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *