Home Otomotif Carbike Test Yamaha MT-09 Tracer, Penjelajah dan Petualang Yang Lincah

Yamaha MT-09 Tracer, Penjelajah dan Petualang Yang Lincah

7 min read

Motor ini berbasis Yamaha MT-09, menggendong mesin 3-silinder yang responsif. Tampilan berpostur tinggi dan gagahnya, menekankan sebagai motor petualang yang lincah dan nyaman dikendarai.

Drive and Hype – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebenarnya telah meluncurkan secara resmi Yamaha MT-09 Tracer pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 lalu. Di Eropa, MT-09 Tracer sudah mengaspal pada 2015. Motor ini membidik pecinta Yamaha yang menginginkan sepeda motor yang sporty, lincah dan nyaman dikendarai.

Teknologi MT-09 Tracer berasal langsung dari MT-09 yang merupakan motor model naked bike. MT-09 Tracer menambahkan fairing parsial dan kaca depan, tangki bahan bakar yang lebih besar, rem ABS, handguard, centerstand, soket daya 12 volt, kontrol traksi, dan tiga pengendaraan mode.

Memiliki basis yang sama dengan ‘naked bike’ MT-09
Lampu depan sudah mengadopsi teknologi LED

MT-09 Tracer menggunakan teknologi LED untuk lampu depan, lampu belakang, lampu rem, tetapi bukan indikatornya. Setang secara signifikan lebih tinggi dan lebih luas, posisi pengendara yang tegak dipengaruhi karena joknya lebih maju. Penempatan setang lebih tinggi daripada MT-09.

Posisi berkendara motor ini cukup nyaman, pengendara dengan postur 175 cm sangat nyaman. Tidak terlalu membungkuk, namun tempat duduknya terasa kurang besar bagi tubuh pengendara yang agak gempal.

Memiliki desain yang agile and versatile (lincah dan fleksibel)

Subframe belakang lebih besar dan lebih kuat dan menggabungkan dukungan pabrik untuk kasus lateral. Suspensi memiliki pegas yang lebih kaku dan lebih banyak redaman dan preload dibandingkan MT-09.

Suspensi belakang menggunakan jenis Swing arm

Kinerja suapensinya cukup nyaman, suspensi bagian belakangnya mampu mereduksi getaran dengan cukup baik. Anda tinggal melakukan penyetelan untuk mendapatkan setting suspensi yang tepat bagi anda. Suspensi belakang menggunakan jenis Swing arm, dengan rear travel 130 mm. Hal ini akan membuat bagian belakang motor ini makin empuk ketika dikendarai.

Mesinnya berkapasitas 847 cc, mampu memuntahkan tenaga maksimal 114 hp pada putaran mesin 10000 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya adalah 87.5 Nm pada putaran mesin 8500 rpm. Untuk transmisi menggunakan model manual dengan 6-percepatan. Untuk bahan bakar, berdasarkan yang tertera menggunakan BBM dengan nilai oktan 95.

Teknologi mesinnya menggunakan CP3 (Crossplane Concept)

MT-09 Tracer memiliki desain yang agile and versatile (lincah dan fleksibel). Teknologi mesinnya menggunakan CP3 (Crossplane Concept) 3-Silinder dan ditunjang teknologi kontrol elektronik Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T) dan Traction Control System (TCS).

TCS adalah fitur yang akan mengontrol tenaga yang disalurkan ke roda belakang, sehingga mampu memberikan kenyaman dan kestabilan ketika melalui segala macam kondisi jalan.

Selanjutnya YCC-T, merupakan teknologi yang sering digunakan pada motor balap yang berlaga di arena MotoGP dan balapan motor lainnya. Teknologi tersebut mampu membuat mesin bekerja secara optimal, sehingga pembakaran dalam mesin menjadi lebih sempurna dan tenaga yang dihasilkan pun lebih besar.

Itulah mengapa MT-09 Tracer memiliki kinerja mesin yang cukup menyenangkan, akselerasinya sangat responsif. Kecepatan tinggi pun dapat dicapai motor ini dengan mudah, layaknya sebuah motor sport.

MT-09 tracer juga menggendong fitur D-Mode yakni Mode pilihan gaya berkendara, yang bekerja memaksimalkan kinerja motor melalui setting mesin. Fitur ini terbagi menjadi 3 bagian yakni pada tombol 1 standart (STD) mode dengan memaksimalkan berkendara harian, dan membuat motor bekerja pada mode hemat bahan bakar (ECO). Selanjutnya adalah A Mode yang lebih responsif dan dan bertenaga, yg terakhir adalah B Mode jika anda ingin berkendara dengan tenaga yang lebih mudah di kontrol.

MT-09 Tracer merupakan motor produk CBU yang didatangkan lansung dari Thailand dengan cara di impor dalam keadaan utuh. Tidak heran jika harga MT-09 Tracer ini terbilang mahal, dibanderol oleh YIMM untuk pasar Indonesia sebesar Rp 325 juta (OTR Jakarta). Dan tersedia dalam 3 pilihan warna yakni lava red, mistral grey dan race blue.

FOTO: TNW Jakarta

Merek dan Jenis Kendaraan Yamaha MT-09 Tracer, Motor Touring Property Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Harga Rp 325.000.000,- (OTR Jakarta)

Mesin 3-Silinder DOHC Berpedingin cair Kapasitas 847 cc Bore x stroke 78.0 mm x 59.1 mm Rasio Kompresi 11.5 : 1 Tenaga 115PS @ 10,000 rpm Torsi 87.5 Nm @ 8,500 rpm Sistem Pengapian Injeksi TCI Transmisi Manual 6-speed Dimensi (PxLxT) 2,160 mm x 950 mm x 1,345 mm max 1,375 mm Sumbu Roda 1,440 mm Ground Clearance 135 mm Bobot 210 kg Tangki BBM 18 L Suspensi Telescopic forks (depan), Swingarm (belakang) Rem Hydraulic dual disc, Ø 298 mm (depan), Hydraulic single disc, Ø 245 mm (belakang) Ban 120/70ZR17M/C (depan), 180/55ZR17M/C (belakang)

Jalur Pengujian Jakarta – Bogor – Bukit Pelangi – Jakarta Jarak Pengujian 225 km Jenis Bahan Bakar Bensin, Oktan 95

Load More Related Articles
Load More By Benny Suryakusumah
Load More In Carbike Test

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *