Home Otomotif First Impression Yamaha Perkenalkan All New XSR155, Tampilan Retro Klasik Berteknologi Kekinian

Yamaha Perkenalkan All New XSR155, Tampilan Retro Klasik Berteknologi Kekinian

6 min read

All New Yamaha XSR155 hadir melengkapi line-up produk Yamaha kelas motor sport di Tanah Air. Untuk mengakomodir segmen penyuka motor bergaya klasik-retro yang cukup besar di Indonesia.

Drive and Hype – Besarnya minat memodifikasi motor menjadi bergaya retro-klasik di Indonesia semakin besar dan kini menjadi sebuah jati diri di kalangan pecinta kendaraan roda dua. Menanggapi makin besarnya antusiasme tersebut dari tahun ke tahun, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada 2 Desember 2019 lalu resmi meluncurkan motor sport terbarunya bergaya heritage atau retro-klasik.

Kehadiran motor Yamaha kelas sport yang berlabel XSR 155 Sport Heritage ini menjadi bagian dari keluarga besar ‘Yamaha Sports World’ di Tanah Air yang kini total berjumlah 8 model. Selain XSR155, di kelas motor sport YIMM juga sebelumnya sudah memiliki varian R25, MT-25, V-Ixion R, V-Ixion, R15, MT-15, Yamaha XSR 155 sendiri sudah memiliki beberapa ‘kakak’ dari seri yang sama, yakni XSR700 dan XSR900 dengan mesin berkapasitas jauh lebih besar, yakni 700CC dan 900cc.

 

Yamaha XSR 155 hadir mengusung konsep “Born To Be Free” dengan tagline “Your Freedom Lifestyle”. Maknanya, “Bebas ekspresikan gaya hidup dan kreativitas bersama All New XSR 155”. All New XSR 155 adalah simbol atas ekspresi tren gaya hidup dan refleksi dari nilai kreativitas tanpa batas. Karena berada satu platform namun beda jenis, Yamaha XSR 155 memiliki rangka dan mesin mirip Yamaha R15 dan MT15. Sosoknya mengedepankan gaya Sport Heritage, membuat sejumlah perangkat atau komponen XSR 155 menegaskan sosok retro klasiknya.

Perwajahan XSR155 bergaya retro-klasik bisa disimak pada tampilan lampu depan dan belakang khas motor klasik namun berteknologi modern berkat aplikasi LED. Begitu pula tangki bahan bakar model drip-shaped yang menguatkan unsur lawasnya. Tak hanya itu, jok datar single-seat heritage bergaya klasik memberi rasa nyaman saat berkendara.

Sentuhan klasik berbalut teknologi modern lainnya bisa disimak pada speedometer bulat bergaya retro-klasik dengan aplikasi layar full LCD digital modern. Speedometer ini dilengkapi Multi Information Display (MID) plus indikator gir transmisi. Selanjutnya, aplikasi ban dual-purpose XSR 155 ukuran 110/70 (depan) dan 140/70 (belakang) yang memang ditujukan untuk kegunaan riding di berbagai kondisi jalan. Kegagahan XSR 155 dipertegas adopsi garpu depan model up-side down yang juga memberi nilai lebih pada aspek handling-nya.

Dengan paduan nilai warisan masa lalu dengan sentuhan teknologi masa kini, All New XSR 155 diyakini YIMM bakal menyuguhkan sensasi berkendara lebih menyenangkan melalui tampilan desain motor berkonsep sport heritage, fitur berkendara modern, serta performa mesin bertenaga. “Motor ini bergaya jadul tapi dengan mesin sesuai teknologi terkini,” sahut Dyonisius Beti, Executive Vice President and COO PT YIMM usai peluncuran resminya.

Untuk sumber pacu, All New XSR 155 mengusung mesin Fuel Injection 155cc, SOHC, 4-langkah watercooled yang dilengkapi teknologi VVA sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 19 hp/10.000 rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm/8.500 rpm. Memudahkan pengendaraan, XSR 155  dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch, sehingga gerakan kopling jadi lebih ringan dan perpindahan gigi lebih halus.

Penguatan sosok All New XSR 155 Sport Heritage bakal terus dilakukan YIMM. Dengan aura modifikasi yang menempel cukup kuat, membuat PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. dalam waktu dekat akan menghadirkan program berlabel “Yamaha Yard Built”. Program ini merupakan bentuk kerja sama kolaborasi pihak pabrikan dengan Custom Builder, dalam menciptakan sepeda motor impian yang mengekspresikan gaya hidup dan kreatifitas. Program Yamaha Yard Built ini telah lebih dulu berjalan di beberapa negara di luar Indonesia, khususnya Eropa dan Amerika Serikat.

Pihak YIMM berharap, dengan program ini nantinya akan lahir All New XSR 155 dalam beragam aliran gaya modifikasi. Bisa beraliran Café Racer, Board Tracker, Bobber, atau berbagai model aliran modifikasi lainnya yang menjadi inspirasi serta referensi bagi calon konsumen saat hendak memodifikasi motornya sesuai karakter dan personalisasi yang diinginkan.

Bagi yang berminat, All New Yamaha XSR 155 dipasarkan Rp 36.265.000 OTR Jakarta. All New XSR 155 tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Matte Silver Premium dan Matte Black Elegance.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In First Impression

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *